Rabu, 22 April 2009

“Earth Day”

Selamat Hari Bumi-22 April 2009

“Apa yang sudah anda lakukan untuk bumi ini?”
Mengawali percakapan disuatu pagi di dunia maya, seseorang kawan bertanya kepadaku demikian, dan entah kenapa aku langsung menjawab,
“Sebelum anda bertanya kepada orang lain, tanyakanlah kepada diri sendiri”
“Kemarin saya menanam satu pohon” ungkap teman saya itu

Bumi ini sedang sakit, namun hanya sedikit sekali orang yang menyadari hal ini, dan lebih sedikit lagi orang yang menyadari dan melakukan tindakan untuk mengurangi sakit dari bumi. Sangat sedikit sekali orang inilah yang mencoba menyadarkan dan memberitahu kepada setiap manusia dibumi ini bahwa kita semua harus mencintai bumi lebih dari apapun, dan mengobati sakitnya.

Saat ini manusia berpesta, dan tidak menyadari bom waktu yang lambat tapi pasti akan meledak bila tidak segera ditangani. Makanan berlimpah, air dapat dicari dengan mudah. Menebang pohon dan menciptakan berbagai keuntungan, belum berhenti bila belum habis.

“Matikan lampu bila tidak digunakan”
Sangat sering saya menjumpai kalimat seperti ini. Saat masih kecil saya menganggapnya karena akan membayar sesuatu yang tidak kita pakai adalah suatu pemborosan, apabila kita punya uang lebih dan mampu membayar lebih, rasanya tidak masalah menyalakan lampu meskipun tidak digunakan. Beberapa tahun yang lalu saat PLN kekurangan daya dan harus melakukan pemadaman bergilir disetiap kota di Indonesia, saya baru mengerti arti sesungguhnya dari kalimat tersebut. Energi adalah sesuatu yang tidak abadi, suatu saat akan habis. Bila kita tidak menggunakannya dengan bijak, saat sudah habis uang tidak akan dapat membelinya.

Sama saat menggunakan air, selama air masih banyak tidak pernah terpikirkan olehku untuk menghemat penggunaan air. Selama uang dapat membeli air bersih itu mungkin bukan masalah bagi yang memiliki uang. Tetapi yang kita hadapi sekarang adalah saat uang tidak dapat membeli bumi dalam bentuk apapun juga. Pernahkah anda menghemat memakai baju bersih?menghemat pemakaian handuk saat dihotel?Pernahkah anda memikirkan berapa banyak air dan detergen yang digunakan untuk mencuci itu semua? Setidaknya kita semua dibumi ini bisa menghemat menggunakan air dan detergen, sedikit namun bila dikerjakan oleh semua orang dibumi ini, akan ikut andil untuk menjaga dan menyembuhkan bumi. Taukah anda berapa banyak pohon yang ditebang untuk menghasilkan selembar kertas dan tissue? Tolong berhematlah penggunaan kertas dan tissue, pohon tidak dapat tumbuh secepat kita menghabiskan jutaan kertas dan tissue dalam beberapa jam. Sadarilah bahwa hal hal kecil disekeliling anda dapat menjadi andil penting untuk menyelamatkan bumi ini dari bom waktu. Saya mencoba memulai dari hal kecil ini setiap hari dan berusaha menyampaikan hal ini juga kepada orang lain, sehingga kita semua dapat membantu merawat bumi.

Semakin menakutkan saat membaca National Geographic edisi bulan April 2009. Salah satu tulisan mengangkat masalah kekeringan di Australia. Mungkin dari sini masyarakat disana sadar bahwa uang tak lagi dapat membeli air sebanyak yang mereka mau. Kiranya kita semua pun dapat sadar sebelum hal tersebut menjumpai kita.

Happy Earth Day…love the earth..

Tidak ada komentar: